Tips Mengatur Keuangan Usaha Kecil

Jakarta – Cara mengatur uang hasil jualan akan menentukan kesuksesan bisnis yang sedang Anda jalani. Baik pemula atau usahawan kawakan perlu memiliki sistem untuk memastikan usaha kecil yang sedang Anda rintis bisa berkembang dengan sehat.

5 Cara Mengelola Keuangan Usaha Kecil Paling Efektif

Ada banyak tantangan dalam membangun usaha sendiri. Modal yang minim sampai pengeluaran dan pemasukkan yang perlu dikelola secara cerdas. Anda perlu menemukan cara paling tepat yang bisa Anda jalani sehingga bisnis Anda dapat menjadi besar. Berikut adalah cara mengelola keuangan usaha kecil yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun.

1. Terapkan Perencanaan Yang Detail

Walau usaha sendiri, bukan alasan untuk tidak menerapkan pengelolaan yang cermat. Setiap pengeluaran harus diketahui dan dikalkulasikan. Hanya dengan membuat awalan yang kuat dan terintegrasi usaha Anda bisa berjalan dengan mengikuti sistem yang sudah dibuat. Semua orang mengetahui tanggung jawab dan pekerjaannya sehingga bisa berjalan dengan pemantauan minim.

Cara mengatur uang hasil jualan dari bisnis yang Anda jalani adalah memiliki perencanaan yang jelas. Berapa persen dari penghasilan yang dijadikan modal kembali atau menjadi keuntungan yang bisa Anda dan investor (bila ada) nikmati. Perhitungan Anda harus jelas dan tentunya diterima oleh semua belah pihak.

Hal yang kerap membuat usaha jadi terpuruk bahkan saat baru mulai adalah tidak mengetahui modal yang dimiliki dan uang yang masuk dan keluar. Kerap kali hal yang membuat usaha gagal adalah perencanaan yang tidak matang. Oleh karena itu, susun langkah usahamu dengan jelas sejak awal.

2. Buat Pencatatan Keuangan

Hal terbaik untuk memastikan Anda memiliki pengawasan pengeluaran adalah mengetahui cara mengatur uang hasil jualan yang paling efektif. Memiliki buku catatan baik berbentuk buku atau aplikasi bisa membantu Anda mengetahui semua pengeluaran dan juga pemasukan dengan jelas.

Untuk usaha kecil, Anda bisa melakukannya sendiri untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam pencatatan dan data yang ditulis benar–benar sesuai dengan keadaan dilapangan. Penggelapan uang atau kebocoran dana pada usaha sering disebabkan karena pencatatan yang tidak benar. Oleh karena itu, keuangan perlu dilakukan secara teratur dan tidak ditunda–tunda.

Buatkan pencatatan dan simpan bukti transaksi seperti invoice dan kwitansi dengan rapi sehingga selalu bisa diperiksa ulang bila ada kesalahan. Dengan demikian Anda memperoleh data yang paling akurat yang bisa diverifikasi.

3. Pemisahan Antara Dana Usaha dan Pribadi

Hal yang perlu diketahui dalam memulai usaha adalah memisahkan uang pribadi dengan uang usaha. Cara mengelola keuangan usaha warung, UMKM atau toko online sekalipun adalah mengetahui dengan jelas dana yang berputar. Tentu Anda memakai uang pribadi sebagai modal, tapi setelah diputarkan, perlakukan dana tersebut terpisah dengan uang lainnya.

Dengan demikian Anda tidak selalu memasukan modal terus menerus dan menyebabkan tidak jelas apakah usaha yang Anda jalani mengalami kerugian atau untung. Hindari juga untuk memakai uang pribadi untuk membayar pengeluaran–pengeluaran yang membuat pencatatan jadi berantakan.

Pemilik usaha juga perlu hati–hati memakai uang hasil jualan untuk dipakai dahulu untuk kepentingan pribadi. Tentu Anda bisa menuliskannya sebagai pengeluaran untuk kebutuhan pemilik usaha, namun tanpa perhitungan yang jelas, Anda bisa membuat bisnis yang sedang dijalani sulit untuk berkembang.

4. Buat Anggaran Rutin

Cara mengatur uang hasil jualan adalah membuat anggaran yang rutin lengkap sampai tanggal dan penanggung jawabnya. Tetapkan waktu–waktu untuk memeriksa stok, membayar pegawai, membeli pasokan dan lain sebagainya. Pisahkan juga antara anggaran yang nominalnya selalu sama seperti untuk pembayaran gaji dan wifi dengan anggaran yang angkanya berbeda–beda seperti modal untuk belanja lagi atau listrik.

Walau ada kisaran tertentu yang bisa jadi panduan, usaha kecil perlu membuat anggaran sehingga bisa memastikan usaha yang dijalani bisa berjalan sampai bulan berikutnya. Anggaran menjadi panduan untuk membandingkan penghasilan atau kerugian dari bulan ke bulan.

Selain itu Anda juga bisa menganalisa apakah usaha Anda laku atau tidak. Bila ada kendala juga dapat diketahui dengan cepat dimana letaknya. Bisa karena terlalu banyak pengeluaran karena membeli pasokan terlalu banyak atau ada item jualan yang tidak laku di pasaran. Anggaran dapat menjaga keuangan usaha jadi lebih terkendali.

5. Memakai Keuntungan Sebagai Modal

Cara mengatur keuangan untuk pemula agar usahanya lebih cepat berkembang adalah dengan menggunakan keuntungan sebagai modal. Menahan diri untuk tidak memakai keuntungan untuk hal–hal tidak perlu adalah kunci untuk usaha yang cepat sukses.

Lakukan kalkulasi keuntungan bulan lalu untuk memperbesar modal yang Anda miliki. Hal ini berarti akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi untuk perhitungan bulan depannya. Cara ini akan memastikan usaha kecil Anda dapat dilengkapi dan berjalan dengan lebih baik dari bulan–bulan sebelumnya.

Itulah beberapa tips keuangan yang bisa Anda terapkan sebagai cara mengatur uang hasil jualan yang ampuh. Dengan mengikuti panduan di atas Anda bisa memaksimalkan penghasilan dan meminimalisir pengeluaran. Gunakan dana masuk dengan cerdas dan fokuskan untuk memutarkan modal usaha.

Anda juga bisa membuka toko online dan meraih pangsa pasar yang lebih luas. Bisa dengan membuka website online atau membuka toko dengan bergabung dengan Marketplace yang sudah memiliki nama dan dikenal oleh banyak orang. Anda dapat bergabung dengan Blibli yang merupakan marketplace kenamaan yang memiliki berbagai kategori pilihan jualan.

Kembangkan usaha Anda dengan merambah cara digital dalam bentuk toko online. Cara bergabung dengan Blibli sebagai penjual sangatlah mudah. Unduh aplikasi Blibli dan ikuti panduan yang tertera untuk bisa mulai berjualan disana. Memanfaatkan berbagai fitur Blibli seperti promo dan diskon seperti diskon payday untuk dikenal pengguna Blibli dan mulai mendapatkan pelanggan loyal. Mulailah untuk mensukseskan usaha kecil Anda dengan pengelolaan keuangan yang jelas dan promosi yang konsisten.

Pos terkait