2 Terdakwa Diduga Pakai Narkoba di Ruang Tunggu Sidang Pengadilan

PEKANBARU – Diduga dua terdakwa kasus narkoba sebelum menjalani persidangan nekat mengkonsumsi narkoba jenis sabu. Perbuatan itu diduga dilakukan dalam sel transit di PN Pekanbaru.

Peristiwa itu terjadi Senin (22/1/2018) sekitar pukul 14.00 WIB sebelum kedua terdakwa menjalani sidang. Kedua terdakwa, Mo dan Ma, ketahuan petugas dari kejaksaan dan pihak kepolisian, yang curiga mereka mengkonsumsi narkoba di ruang tahanan.

Informasi yang dihimpun, saat dilakukan penggerebekan, keduanya sempat membuang barang bukti narkoba jenis sabu ke kloset.

Juru bicara PN Pekanbaru Asep Koswara mengatakan pihaknya belum dapat memastikan kedua terdakwa itu mengkonsumsi narkoba.

“Kita belum bisa memastikan apakah keduanya mengkonsumsi narkoba sebelum persidangan. Karena masalah ini diserahkan ke pihak kepolisian untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” kata Asep.

Menurut Asep, pihaknya dari pengadilan hanya memberikan fasilitas ruangan semata. Misalkan saja di PN juga ada ruangan Posbakum dan ruangan untuk pengacara, termasuk ruangan tahanan, sebelum mengikuti persidangan.

“Untuk tahanan tentunya pengawasan dan pengamanannya dari pihak kejaksaan. Jadi masalah ini kita serahkan ke pihak kepolisian untuk melakukan pengusutan terhadap kedua terdakwa itu,” kata Asep kepada detikcom.

Sementara itu, Kasi Pidum Kejari Pekanbaru Yusuf Ibrahim mengatakan, dari kedua terdakwa itu, tidak ditemukan barang bukti narkoba.

“Barang bukti yang diamankan ada pipet (sedotan) dan mancis saja. Kita sudah laporkan masalah ini ke pihak kepolisian untuk dilakukan pengusutan lebih lanjut,” tutup Yusuf. (detik.com)

Tinggalkan Balasan