Jaktim Deklarasikan Komitmen Penghapusan Kekerasan terhadap Anak

Pemerintah kota Jakarta Timur teken Komitmen Penghapusan Kekerasan Terhadap anak, Kamis (7/12/2017). Penandatanganan didukung oleh pihak Hanwha Life dan Wahana Visi (Kompas.com/Setyo Adi)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur (Jaktim) berkomitmen untuk menghilangkan kekerasan terhadap anak dengan menandatangani deklarasikan penghapusan kekerasan terhadap anak di RPTRA Jaka Teratai, Kamis (7/12/2017).

“Hari ini komitmen kita mengakhiri kekerasan terhadap anak. Kita tadi sudah tanda tangan bersama. Diharapkan … orang tua berikan bimbingan dan anak-anak diberikan kesempatan berkreasi,” kata Rusdiyanto, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Kamis (7/12/2017).

Menurut Rusdi, Jakarta telah dipilih sebagai kota ramah anak pada 2017, salah satunya karena peran RPTRA. Saat ini ada 59 RPTRA di Jakarta Timur yang siap menjadi tempat untuk belajar anak-anak.

Rusdi berharap pengelola RPTRA dapat terus memberikan inovasi-inovasi bagi kemajuan tumbuh kembang anak-anak di sekitar lokasi, termasuk pendidikan mengenai perlindungan diri dan pengetahuan kepada orang tua.

“Jadi harapannya RPTRA ini jadi lokasi yang aman mengembangkan kreativitas mereka. Tentu dengan perasaan aman dan ditambah inovasi dari pengelola RPTRA jadi lebih baik,” ucap Rusdiyanto.

Wahana Visi Indonesia (WVI) sebagai salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial berharap melalui RPTRA, perlindungan terhadap anak semakin terasa. Berdasarkan survei di 2013, satu dari tiga anak laki-laki dan satu dari lima anak perempuan mengalami kekerasan emosional, fisik dan seksual.

“Komitmen bersama perlu kita jalankan seperti hari ini. Kita lihat bagaimana kemitraan antara pemerintah, swasta, dan masyarakat bersatu dalam mendukung perlindungan anak,” kata Doseba Tua Sinay, Direktur Nasional Wahana Visi.

Dapat Penghargaan

Selain penandatanganan komitmen anti kekerasan anak, pada kesempatan itu juga ada  penyerahan penghargaan kepada enam RPTRA terbaik di Jakarta Timur. Keenam RPTRA itu didaulat menjadi yang terbaik di wilayahnya setelah melalui proses penilaian selama satu tahun oleh dinas PPAPP dan PKK.

Penghargaan itu diserahkan pemerintah kota Jakarta Timur beserta perwakilan dari Hanwha Life serta Wahana Visi Indonesia selaku pendukung kegiatan.

Keenam RPTRA tersebut adalah RPTRA Cililitan, RPTRA Gebang Sari, RPTRA Mustika, RPTRA Payung Tunas Teratai, RPTRA Pulo Indah dan RPTRA Jatinegara. (kompas.com)

Tinggalkan Balasan