Ketum Gepenta Apresiasi Dit Resnarkoba Kalsel Lakukan Tes Urine Pilot dan Crew Pesawat

JAKARTA – Ketua Umum Gerakan Nasional Cegah Narkoba, Tawuran & Anarkis, Brigjen Pol (Purn.) DR. Parasian Simanungkalit mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh  Direktorat Reserse Narkoba Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) yang melakukan tes mendadak terhadap pilot, crew,  pramugara/ri penerbangan GIA/Garuda, Lion Air dan Wings Air di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Jumat (8/12/2017) pada pagi hari sebelum para awak pesawat beroperasi (pukul 05.30 wita s/d 07.00 wita) dan siang hari sebelum penerbangan.

“Kami berharap apa yang dilakukan teman-teman Dit Reserse Narkoba Polda Kalsel ini patut ditiru oleh teman-teman Polda lain karena keselamatan penumpang bergantung pada kesehatan prima awak pesawat,” ujar Parasian di Jakarta, Minggu (10/12/2017).

Menurut Parasian, sekali saja kita lengah terhadap kesehatan pilot dan crew-nya maka  akan berakibat fatal terhadap keselamatan penumpang. Hal ini pernah terjadi pada beberapa waktu lalu ketika ada pilot yang tengah masuk ke bandara jalan dalam keadaan sempoyong dan setelah di tes ternyata positif memakai narkoba.

Sebelumnya, seperti diberitakan media tribatanews pada Jumat kemarin, selain personel Dit Resnarkoba Polda Kalsel, dalam kesempatan ini petugas yang terlibat diantaranya Biddokes,  Bid Propam, Polres Banjarbaru bekerjasama dengan Angkasa Pura 1 Syamsuddin Noor dan Lanud TNI AU Syamsuddin Noor.

Dalam pemeriksaan trip pertama/pagi hari dilakukan tes urin kepada 43 orang terdiri dari pilot, crew dan pramugari dengan hasil semua dinyatakan Negatif/ tidak mengkonsumsi Narkoba.

Sedangkan dalam pemeriksaan trip kedua dilakukan pemeriksaan kepada 15 orang awak maskapai udara, dengan pemeriksaan urine untuk mengetahui kandungan urine para awak pesawat meliputi Amfethamin, Methamfitamin,  Ganja,  ataupun Zat Adiktif lainnya.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Muhammad Firman, S.I.K., M.Si. didampingi Wadir Resnarkoba Polda Kalimantan selatan AKBP Eko Wahyuniawan, S.I.K mengatakan Langkah ini sebagai antisipasif penyalahgunaan Narkoba di kalangan penerbangan,  karena mereka yang bertanggung jawab atas keselamatan penumpang.

Pada pemeriksaan ini tidak ditemukan unsur penyalahgunaan Narkoba sehingga Dit Resnarkoba Polda Kalsel salut dan bangga terhadap para awak maskapai.

Kegiatan pemeriksaan urine ini akan dilaksanakan sewaktu-waktu secara dadakan, bahkan pada pelayanan transportasi lainnya seperti darat dan laut, guna menjamin keselamatan penumpang dalam bertransportasi,” tutur Dir Resnarkoba Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Muhammad Firman, S.I.K., M.Si. (tribratanews.polri.go.id)

Tinggalkan Balasan