Kejar Ketertinggalan, Koalisi Ummat untuk Sumut Hebat Gelar Dialog Sumut Energy

Ilustrasi

JAKARTA – Gune mengejar ketertinggalan pembangunan di Sumatra Utara, Koalisi Ummat untuk Sumut Hebat menggelar Gelar Dialog Sumut Energy.

Sebagai Keynote Speaker Dialog Sumut Energy ini akan menghadirkan Mantan Bupati Tapanuli Tengah, 2 Periode, Drs. Tuani Lumbantobing, MSi dan narasumber Dosen Pascasarjana Univ. Pelita Harapan yang juga Pengamat Komunikasi Politik Nasional, Dr. Emrus Sihombing.

Menurut Sekretaris Koordinator Acara Gelar Dialog Sumut Energy, Yonge L.V. Sihombing, SE MBA yang juga pengajar pada Fakultas Ekonomi UNPRI Medan, Dialog Sumut Energy yang dilakanakan pada Senin (4/12/ 2017) di Hotel Kanaya Medan ini bertujuan pertama untuk ekspose inisiatif dan gagasan konsep pembangunan Sumut sinergy kepada pelaku pembangunan di Sumatera Utara. Kedua, menyerap pikiran pikiran peserta dialog dalam rangka membangun sumatera utara yg terintegrasi, terkoneksi dan bersinergy antar 33 kab kota di Sumut.

“Selama dua dekade pasca desentralisasi, pembangunan di 33 Kab/Kota di Provinsi Sumatera Utara seakan berjalan secara parsial dan tidak sinergy,” ujar Yonge dalam siaran pers yang diterima redaksi.

Yonge menjelaskan, penyebabnya adalah; adanya ego daerah, ego pemerintah daerah; kurangnya komunikasi dan koordinasi; dan minimnya gagasan dan konsep pembangunan; dan komitmen yg lemah serta kekompokan antar kepala daerah yg semakin luntur.

Akibatnya adalah, terjadi distorsi pembangunan di 33 Kab/Kota; kemiskinan dan pengangguran sulit diatasi, daya saing sumut semakin lemah dan kepuasan masyarakat semakin menurun terhadap kinerja pembangunan Sumut.

Yonge menambahkan, jumlah peserta yang diundang sebanyak 200 orang, terdiri dari unsur GABS (Government, Academic, Business, Sociaty), unsur pemerintah, pemprov, Kab/Kota dan unsur kelengkapan Pemprov Sumut termasuk KPID, KIP, dll. Selain itu ada juga dari Akademisi dari 70 Pimpinan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara, 30 Ketua ketua BEM PT (Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi), Dosen, Mahasiswa, Guru, dan Para Peneliti., Ormas Profesi, Ormas Keagamaan, Ormas Pemuda, Ormas Marga, dan LSM,  dan 40 Asosiasi Pengusaha Sumut. (Zul/Foto: Ist)

Tinggalkan Balasan