Umat Budha Sukabumi Kumpulkan Bantuan untuk Rohingya

gepentanews.com, SUKABUMI – Perkumpulan Umat Buddha seluruh Kota Sukabumi, Jawa Barat melakukan aksi solideritas dengan untuk etnis Rohingya, Myanmar dengan cara mengumpulkan bantuan baik berupa sembako maupun uang.

“Saat ini kami tengah mengumpulkan bantuan untuk muslim Rohingya, jika sudah terkumpul akan berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sukabumi untuk teknis penyalurannya,” kata Majelis Tridharma Sukabumi, Handi Suhendra, di Sukabumi, Senin.

Selain mengumpulkan bantuan, seluruh majelis vihara Sukabumi juga mengeluarkan pernyataan sikap tentang keprihatinan Umat Buddha Sukabumi terhadap kasus kekerasan yang terjadi kepada muslim Rohingya oleh militer Myanmar.

Lanjut dia, dalam pernyataan tersebut konflik yang terjadi di Myanmar itu bukan merupakan konflik antaragama, tetapi masalah sosial dan pelanggaran berat HAM.

Pihaknya juga mengajak umat Buddha khususnya di Sukabumi untuk meningkatkan solideritas dengan cinta kasih antarsesama umat beragama dan manusia.

“Kami sangat prihatin dengan peristiwa yang terjadi di Rohingya, untuk bantuan kita sudah sepakat dengan seluruh pengurus vihara agar melakukan penggalangan dana yang nantinya diserahkan kepada pemerintah untuk disalurkan ke muslim Rohingya,” tambahnya.

Dia mengatakan, mereka mengapresiasi Pemkot dan warga Kota Sukabumi yang selalu menjunjung tinggi perbedaan serta menjaga kondusifitas daerah ini.

“Kami tidak khawatir karena masyarakat sudah tahu kasus di Rohingya bukan merupakan konflik antaragama,” katanya. (Ant)

Tinggalkan Balasan